Diploma III (D3)
Written by Admin

 

Diploma III (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan


Kepercayaan masyarakat terhadap Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi dilihat dari minat masyarakat untuk menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi. Berangkat dari pertimbangan tersebut, sejak tahun 1999 Pimpinan Fakultas beserta Rektor Universitas Pakuan dan Pimpinan Yayasan Pakuan Siliwangi sebagai lembaga yang menyantuni pendidikan merasa terpanggil untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa melalui penyediaan Program Pendidikan Tinggi yang menyediakan lulusan yang siap menghadapi tantangan untuk siap kerja saat ini dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Program tersebut adalah Program Diploma III. Program ini hingga saat sekarang memiliki 3 (tiga) Program Studi, yaitu :

1. Program Studi Akuntansi

Berawal dari meningkatnya permintaan pasar terhadap tenaga kerja terdidik dan terampil di bidang akuntansi, sejak tahun akademik 1999 inilah Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan merintis dan akhirnya tahun 2000/2001 menyelenggarakan program pendidikan profesional Program Studi Akuntansi dan Manajemen Perpajakan. Penyelenggaraan kedua program tersebut mengacu pada Peraturan Pemerintah RI Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dan telah memperoleh pengesahan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 88/DIKTI/Kep/2001 tanggal 5 April 2001 tentang Pemberian Status “Terdaftar” kepada dua program studi untuk jenjang pendidikan Program Diploma III di lingkungan Universitas Pakuan Bogor. Seiring dengan perjalanannya, pada bulan Januari 2005, Program Studi Akuntansi Program Diploma III telah memperoleh Status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/I/2005 tanggal 28 Januari 2005 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana di Perguruan Tinggi.

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Akuntansi pada Program Diploma III adalah menghasilkan lulusan dengan sebutan ahli madya yang memahami dan memiliki pengetahuan cukup di bidang akuntansi dan bidang-bidang lain yang mendukung bidang akuntansi dan mampu mempraktikkan pengetahuan tersebut dalam mendukung kelancaran kegiatan organisasi. Untuk memperoleh sebutan ahli madya, mahasiswa harus menyelesaikan 120 SKS.

Penyelenggaraan akademik pada Program Studi Akuntansi Diploma III didukung oleh tenaga edukatif yang berkualifikasi strata satu dan strata dua. Sesuai dengan tujuan pendidikannya, sebagian dari tenaga edukatif tersebut juga merupakan praktisi di berbagai bidang yang relevan, seperti akuntan dan ahli perpajakan. Dalam rangka peningkatan kompetensi bagi para lulusan Program Diploma III juga menyelenggarakan berbagai pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium khusus di bidang akuntansi, diantaranya :
- Pelatihan Bahasa Inggris Pakuan Economik English Club (PEEC)
- Pengenalan Dasar Komputer Program Linux
- Pelatihan Komputerisasi Akuntansi Accounting World Wide (AWW)
- Pelatihan Komputerisasi Akuntansi MYOB.


2. Program Studi Manajemen Perpajakan

Sebagai tanggapan dari semakin diperlukannya tenaga terampil di bidang perpajakan, maka Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan membuka program Diploma III Manajemen Perpajakan. Kebutuhan tenaga terampil ini akan terus bertambah, mengingat semakin pentingnya penerimaan pajak bagi negara. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan ketersediaan tenaga yang terampil dalam perpajakan baik di sektor pemerintahan maupun swasta.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang mempunyai kinerja, disiplin dan produktivitas tinggi serta memenuhi permintaan dunia usaha di bidang perpajakan saat ini yang sangat membutuhkan terhadap lulusan Diploma III lebih banyak untuk menjadi tenaga kerja siap pakai. Sejalan dengan UU Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 16 ayat 15 dan PP No. 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi pasal 57 ayat 1, maka Fakultas Ekonomi juga mendirikan Program Diploma III Program Studi Manajemen Perpajakan dengan status “Terdaftar” berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Naisonal Republik Indonesia Nomor 88/DIKTI/Kep/2001 tertanggal 5 April 2001.

Dengan upaya yang maksimal dan dalam rangka perbaikan kinerja program studi, pada bulan Januari 2005, Program Studi Manajemen Perpajakan telah mendapatkan status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departmen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/I/2005 tanggal 28 Januari 2005 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana di Perguruan Tinggi.

Dalam rangka peningkatan kompetensi bagi para lulusan, Program Studi Manajemen Perpajakan, juga menyelenggarakan berbagai pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium khusus di bidang Perpajakan, diantaranya :
- Pelatihan Bahasa Inggris Pakuan Economik English Club (PEEC)
- Pengenalan Dasar Komputer Program Linux
- Pelatihan Software Pajak Tax Easy
- Pelatihan Brevet Pajak A dan B


3. Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan

Dalam rangka mengemban misi Universitas dan Fakultas dan dengan berkembangnya dunia perbankan saat ini, maka Fakultas Ekonomi memberikan respon dengan membuka program studi yang dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang keuangan dan perbankan. Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan mulai berjalan pada tahun 2006 sesuai dengan Surat Departemen Pendidikan Nasional Nomor : 3066/D/T/2006, tanggal 23 Agustus 2006, tentang Ijin

Penyelenggaraan Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan (DIII) pada Universitas Pakuan.
Jumlah SKS yang ditawarkan kepada mahasiswa Program Studi DIII Manajemen Keuangan dan Perbankan berdasarkan kurikulum sebelumnya sebanyak 120 SKS. Sedangkan berdasarkan kurikulum 2009, jumlah SKS yang ditawarkan kepada mahasiswa sebanyak 115 SKS.

Strata 1 (S1)
Written by Admin

 

Strata I (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Pakuan


Fakultas Ekonomi (FEUP) dalam penyelenggaraan program Pendidikan Tinggi Strata 1 (S1), memiliki 2 (dua) Program Studi / Jurusan yaitu :

1. Jurusan Manajemen

Sejak tahun 1962 yang pada saat itu masih bernama Fakultas Ekonomi Universitas Bogor dan mulai difusikan ke dalam lingkungan Universitas Pakuan pada tahun 1980. Sejak tahun 1982 Jurusan Manajemen mempunyai sejarah sebagai berikut :

Status Terdaftar
Status Diakui
Status Disamakan
No. 0185/O/1982(10-5-1982) No. 0637/O/1984 (27-12-1984) No. 0681/O/1991 (28-12-1991)
  No. 0863/O/1986 (11-12-1986) No. 326/DIKTI/O/Kep/1994 (19-12-1994)

Kemudian tahun 1998 Jurusan Manajemen telah mendapatkan status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998 tanggal 11 Agustus 1998, hingga masa berakhir pada tahun 2004. Setelah mengajukan kembali re-akreditasi pada tahun yang sama, maka program studi ini masih dapat mempertahankan status terakreditasinya sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor 001/BAN-PT/Ak-VIII/S1/1/2005 tanggal 28 Januari 2005 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana di Perguruan Tinggi. Status akreditasi Jurusan Manajemen sampai saat ini tetap bertahan sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 050/BAN-PT/Ak-XIV/S1/I/2012, tanggal 20 Januari 2012.

Sesuai dengan kurikulum yang berlaku di lingkungan Fakultas, maka Jurusan Manajemen memberlakukan kurikulum dengan memberikan pilihan konsentrasi mata kuliah, diantaranya sebagai berikut :

- Konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia
- Konsentrasi Manajemen Pemasaran
- Konsentrasi Manajemen Keuangan
- Konsentrasi Manajemen Operasional
- Konsentrasi Manajemen Jasa


2. Jurusan Akuntansi

Didirikan sejak tahun 1982 saat ini memiliki status “Terakreditasi” berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depertemen Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998 tanggal 11 Agustus 1998 tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Sarjana di Perguruan Tinggi, dan telah dilakukan Re-Akreditasi berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Depertemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 010/BAN-PT/Ak-V/VI/2002 tanggal 10 Juni 2002. Dan pada tahun 2005 kembali melakukan Re-Akreditasi dengan nilai atau hasil lebih baik dari sebelumnya, sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 021/BAN-PT/Ak-IX/S1/XI/2005, tanggal 17 November 2005, tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana (S1) di Perguruan Tinggi. Status akreditasi Jurusan Akuntansi sampai saat ini tetap bertahan sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Nomor: 047/BAN-PT/Ak-XIV/S1/XII/2011, tanggal 29 Desember 2011.

Saat ini penyelenggaraan program pendidikan pada Jurusan Akuntansi mengacu kepada kurikulum 2009, dimana dalam kurikulum tersebut terdiri dari konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, diantaranya :

- Konsentrasi Akuntansi Keuangan
- Konsentrasi Akuntansi Perpajakan
- Konsentrasi Auditing
- Konsentrasi Akuntansi Manajemen
- Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik

Penelitian
Written by Admin

Penelitian di lingkungan Fakultas Ekonomi (FEUP) dilakukan baik oleh dosen senior maupun dosen muda. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan dengan cara mandiri, hibah, bekerja sama dengan lembaga internal dan pihak luar, misalnya perusahaan dan instansi-instansi pemerintah daerah.

Selain itu, FEUP memiliki Pusat Studi Pembangunan Ekonomi Regional (Pusperal). Dosen FEUP juga diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh LPP UNPAK, antara lain berupa Pelatihan Metodologi Penelitian dan Penulisan Proposal Penelitian; Seminar Hasil-hasil Penelitian UNPAK yang rutin diselenggarakan tiap tahun; Kajian tracer study alumni, dan lain-lain.

Berikut, beberapa penelitian yang dilakukan dan berkaitan dengan wilayah Bogor.

1. "PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KUALITAS KERJA"
(Penelitian pada Pengusaha UKM di Kab. Bogor)
Oleh : Dewi Taurusyanti, SE., MM.

2. "PENGARUH PENGGUNAAN PINJAMAN TERHADAP TINGKAT KENAIKAN LABA USAHA
PADA KELOMPOK USAHA KECIL DAN MENENGAH (KUKM) DI KABUPATEN BOGOR"
Oleh : Siti Maimunah, M.Si., SE.

3. "PERAN PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN TERHADAP PENINGKATAN
KINERJA USAHA KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH (KUKM) DI KAB. BOGOR
Oleh : Dessy Herlisnawati, SE., MM.

4. "PENGARUH SISTEM PEMBERIAN KREDIT TERHADAP PENGEMBALIAN PINJAMAN
DANA KUKM" (Survei di Wilayah Kab. Bogor)
Oleh : Lia Dahlia Iryani, M.Si., SE.

5. "UPAYA PEMBERDAYAAN LUAS JALAN RAYA GUNA MENINGKATKAN PELAYANAN
ANGKUTAN UMUM KOTAMADYA BOGOR"
Tim : 1. Karma Syarif, SE., MM.
2. Hari Muharam, SE., MM.
3. Poernomo., Drs., MA.

6. "PENGEMBANGAN USAHA KUD KABUPATEN BOGOR"
Tim : 1. Sugiarto, SE.
2. H. Rijadi, Drs., MM.
3. Soemarno.,Drs.,MBA.

7. "ANALISA DAMPAK PERUBAHAN POLA PENGHASILAN DAN POLA KONSUMSI BARANG
KEBUTUHAN POKOK TERHADAP PENDIDIKAN DI KOTAMADYA BOGOR"
Oleh : Dr. Inna Sri Supina Adi, SE., MSi.

Pengabdian
Written by Admin

Pengabdian pada masyarakat oleh Fakultas Ekonomi (FEUP) dilakukan melalui seminar, lokakarya, penyuluhan, pelatihan dan sebagainya. Kegiatan ini dilaksanakan baik secara mandiri maupun bekerjasama dengan Lembaga Pengabdian pada Masyarakat (LPM) UNPAK dan juga pihak luar atau lembaga lainnya. Misalnya kegiatan "Penyuluhan Akuntansi/Pembukuan Sederhana Kepada Para Pedangan dan UKM di Lingkar Kampus Universitas Pakuan" bekerja sama dengan LPM-UNPAK. Seminar Nasional Pencegahan Bahaya Terorisme bekerjasama dengan Kementrian Polhukham.

Dan akhir-akhir ini, mengadakan pelatihan "Komputer Akuntansi Bagi Pengurus Koperasi Kota Bogor" di Laboratorium Komputer FEUP, bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Koperasi Kota Bogor, diikuti 40 perserta dari berbagai Koperasi di wilayah Bogor.

Pendidikan
Written by Admin

Fakultas Ekonomi (FEUP) sampai saat ini menyelenggarakan program Pendidikan Tinggi, melalui jenjang program Diploma III (D3) dan Sarjana (S1) dengan Sistem Satuan Kredit Semester (SKS). Sejak awal berdirinya pengembangan Fakultas Ekonomi dilaksanakan sesuai Rencana Induk Pengembangan (RIP) Univesitas Pakuan, termasuk pemberdayaan Teknologi Informasi dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.

Program Sarjana Strata 1 (S1) memiliki 2 (dua) Program Studi, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi, serta 3 (tiga) program studi pada program Diploma III. yaitu Program Studi Akuntansi, Program Studi Manajemen Perpajakan dan Program Studi Manajemen Keuangan dan Perbankan. Kedua program studi program sarjana dan kedua program studi program diploma III telah terakreditasi BAN-PT, sedangkan satu program studi Manajemen Keuangan dan Perbankan untuk saat ini dalam proses pengajuan akreditasi.

FEUP memiliki beberapa unit kegiatan yang terkait dengan penyelenggaraan proses belajar mengajar, antara lain : Pusat Studi Pembangunan Ekonomi Regional (Pusperal) yang dibentuk pada tanggal 2 November 2006, membina Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi (JIMAFE) Unpak, Pendidikan dan Pelatihan Brevet Pajak A dan B, Pelatihan Program Komputer Akuntansi dengan modul Accounting World Wide (AWW) dan dengan menggunakan Microsoft Excel, Pendidikan dan Pelatihan ProgramKomputer Perpajakan Tax Easy, serta Bank Mini untuk bidang perbankan.

Fakultas Ekonomi didukung oleh 127 (seratus dua puluh tujuh) tenaga edukatif yang berkualifikasi Strata 2 dan beberapa Strata 3. Sesuai dengan tujuan pendidikannya, sebagian dari para tenaga edukatif tersebut juga merupakan praktisi di berbagai bidang yang relevan, seperti Manajemen, Akuntan, Auditor, Ahli Perpajakan, Ahli Komputer dan Ahli bahasa. Penyelenggaraan administrasi dilakukan oleh tenaga struktural yang dudukung oleh bagian tata usaha. Mekanisme dan prosedur administrasi diselenggarakan berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh Universitas.